Gurih dan Pedas: Kuliner Sunda yang Menggetarkan Lidah

Tanah Pasundan atau Jawa Barat dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya itu, tradisi dan kebudayaan Sunda juga memiliki pesona tersendiri yang memikat banyak orang, salah satunya adalah kuliner. Ragam makanan Sunda dikenal dengan rasa yang gurih dan pedas, mampu menggugah selera dan menggetarkan lidah. Berikut adalah beberapa kuliner Sunda yang wajib Anda cicipi:

Nasi Timbel

Dihidangkan dalam bungkus daun pisang yang mengeluarkan aroma khas, nasi timbel biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan tentu saja sambal terasi yang pedas. Gurihnya nasi dan pedasnya sambal menjadi kombinasi sempurna yang memanjakan lidah.

Baca Juga: Potensi Wisata Pantai Ora yang Mendunia

Soto Bandung

Berbeda dari soto-soto lainnya di Indonesia, Soto Bandung memiliki kuah yang bening dengan isian daging sapi dan lobak putih. Rasanya yang segar seringkali disempurnakan dengan sambal dan kerupuk.

Karedok

Mirip dengan gado-gado, namun karedok menggunakan sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, dan kubis. Semua itu dicampur dengan bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas.

Ayam Bakar Taliwang

Walaupun berasal dari Lombok, Ayam Bakar Taliwang telah menjadi bagian dari menu wajib kuliner Sunda. Ayam yang dibakar dengan bumbu pedas ini memiliki tekstur daging yang empuk dan rasa yang begitu khas.

Pepes

Teknik memasak dengan cara dikukus dalam daun pisang ini menghasilkan makanan dengan cita rasa khas. Bisa berisi ikan, ayam, atau tahu, bumbu rempah-rempah yang digunakan membuat pepes menjadi makanan yang gurih dan beraroma.

Baca Juga:  Sensasi Kuliner Asia: Memburu Rasa di Benua Rasa

Lalapan

Sebuah porsi nasi dengan lauk pilihan (bisa ayam, ikan, atau daging) disajikan dengan aneka sayuran mentah seperti kubis, timun, dan kemangi. Tentu saja, tak lupa sambal terasi yang menggugah selera.

Batagor

Singkatan dari “Bakso Tahu Goreng”, batagor merupakan camilan yang disajikan dengan saus kacang. Isinya berupa tahu yang diisi dengan adonan ikan tenggiri, kemudian digoreng hingga renyah.

Topik Populer: Indahnya Wisata Pantai Liang, Pantai Pasir Putih Nan Eksotis

Sate Maranggi

Sate khas dari Purwakarta ini berbeda dari sate pada umumnya. Daging yang digunakan biasanya lebih tebal dan bumbunya meresap sempurna, disajikan dengan sambal tomat yang pedas dan manis.

Menikmati sajian kuliner Sunda seakan membawa Anda pada perjalanan melintasi keindahan alam dan kekayaan budaya Tanah Pasundan. Setiap gigitan menghadirkan harmoni rasa yang kaya, dari gurih, manis, hingga pedas yang menantang. Selamat menikmati!

Related Posts